Sabtu, 05 Februari 2011

Sejarah Pembentukan Dewan Pendidikan (DP) Kota Bekasi

Dewan Pendidikan Daerah (DPD) Kota Bekasi terbentuk dan ditetapkan dengan SK Walikota Bekasi No. 420/KEP.396.A-DIKBUD/2001, Tanggal 11 Desember 2001 tentang Pembentukan Dewan Pendidikan Daerah Kota Bekasi. Tujuan dibentuknya DPD Kota Bekasi adalah :

  • Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan.
  • Meningkatkan tanggungjawab dan peranserta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Saat itu pembentukan DPD Kota Bekasi dilatarbelakangi oleh inisiatif Gubernur Propinsi Jawa Barat untuk lebih dini mempelopori implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Propinsi Jawa Barat. Gubernur saat itu menunjuk Kota Bekasi sebagai salah satu kota Pilot Project di Propinsi Jawa Barat dalam mempelopori implementasi konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Konsep ini pada dasarnya mendorong dan menggerakkan partisipasi masyarakat bersama warga sekolah di suatu wilayah dalam memajukan dan mengembangkan sekolah di lingkungannya. Selanjutnya secara nasional Menteri Pendidikan Nasional, pada Tanggal 2 April 2002, mengeluarkan SK. Mendiknas Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar